BERBAGI DENGAN KLIK

Selasa, 29 November 2022

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jombang - MTsN Rejoso - MTsN Darul Ulum Jombang

 



Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang adalah suatu lembaga keagamaan yang didirikan oleh KH. Tamim Irsyad dari Madura pada tahun 1885 M. Beliau merupakan pembabat tanah pertama di desa Rejoso, kemudian diteruskan oleh putra dan cucu beliau sampai sekarang. Pada saat itu Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang memiliki lembaga pendidikan dari tingkat MI sampai dengan tingkat lanjutan. Saat itu nama pendidikan tingkat lanjutan adalah Madrasah Muallimin (putra) dan Madrasah Muallimat (putri).

( Klik = Informasi Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang )

Dalam perkembangan zaman tahun 1963 Madrasah Muallimin tersebut diubah menjadi Pendidikan Muallimin Pertama (PMP) untuk tingkat SMP dan Pendidikan Muallimin Atas (PMA), yang akhirnya baik PMP maupun PMA keduanya untuk murid putra dan putri. Pada tahun 1968, KH. Moh. Dahlan sebagai Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan bahwa Pendidikan Agama Swasta, memberikan peluang apabila menginginkan merubah status dari swasta ke negeri. Maka Pondok Pesantren Darul Ulum mengambil kebijaksanaan menegerikan sekolahsekolah yang ada di lingkungan Departemen Agama. Dari MI sampai MA dan dari Pendidikan Muallimin Pertama (PMP) ke MTsAIN dan dari Pendidikan Muallimin Atas (PMA) ke MAAIN dan PGAN 4. Penegerian MTsAIN dan MAAIN untuk murid tahun pertama putri saja, sedangkan murid putra tingkat pertama menjadi SMP dan tingkat atas menjadi SMA.

Dua tahun berikutnya dibuka MTsAIN dan MAAIN untuk putra dan putri. Pada tahun 1978 sesuai dengan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, maka MTsAIN diganti namanya menjadi MTsN Rejoso Peterongan 1 dan penghapusan PGAN 4 tahun menjadi MTsN Rejoso II. Pada saat MTsN Rejoso II dialokasikan ke Karang Asem Bali, maka murid dan gurunya dimutasikan ke MTsN Rejoso Peterongan I Jombang.

Dalam perkembangannya, Madrasah Tsanawiyah yang pertama didirikan ini, banyak tantangan dan hambatan, seperti belum memiliki gedung dan guru sendiri. Namun pada akhirnya Madrasah Tsanawiyah ini berkembang pesat. 47 Tahun 1983 MTsN Rejoso mendapatkan proyek pembangunan gedung sebelah utara dari kantor (lihat deanah sekolah).

Tahun 1992 mendapat proyek pembangunan gedung 4 lokal sebelah selatan kantor, dan pada tahun 2003 mendapat proyek bangunan gedung 3 lokal yang di bangun di depan laboratorium komputer.

Kepala Madrasah yang pernah menduduki jabatan sebagai Kepala MTsN Rejoso Peterongan, di antaranya:

a. Bapak Baiduri Luqman (1968 s.d 1977)

b. Bapak H. Kasijan (1978 s.d 1995)

c. Bapak Abu Mansyur (1995 s.d 1997)

d. Bapak H.A. Rifa’i Dimyathi, SH. (1997 s.d 1999)

e. Ibu Dra. Hj. Umi Sa’adah (1999 s.d 2008)

f. Ibu Mulyaningsih Sri Andayani, S.Pd ( 2008 s.d sekarang)

 

MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama yang berada dalam lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum dan kurikulumnya disesuaikan dengan kurikulum Kementerian Agama dengan materi Diniyah Keagamaan yang menjadi ciri khas kepondokan.

Dengan demikian, diharapkan bahwa siswa lulusan MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang, mampu memperoleh ilmu yang seimbang antara pengetahuan umum dan pengetahuan Agama.49 Di samping itu, keberadaan MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang di lingkungan pondok pesantren Darul Ulum diharapkan mampu mencetak kader santri yang berkepribadian muslim dan memiliki intelektual tinggi.

Kurikulum yang diterapkan ada 2 yaitu, Kurikulum Kementerian Agama dan Kurikulum Kepondokan/Kepesantrenan

a. Kurikulum Kementerian Agama

1) Al-Qur’an Hadits

2) Aqidah Akhlak

3) Fiqih

4) Sejarah Kebudayaan Islam

5) Bahasa dan Sastra Indonesia

6) Bahasa Arab

7) Bahasa Inggris

8) Matematika

9) Pengetahuan Alam (Fisika dan Biologi)

10) Pengetahuan Sosial (Sejarah, Geografi, Ekonomi)

11) Pendidikan Kewarganegaraan

12) Seni Budaya

13) Pendidikan Jasmani

14) Keterampilan / Teknologi Informasi Dan Komunikasi

b. Muatan Kepondokan/ Kepesantrenan

1) Baca Kitab

2) Tajwid

3) Tauhid

4) Aqidah

5) Nahwu Shorof

6) Tafsir Hadits

7) Tafsir Qur’an

3. Visi, Misi Dan Tujuan51

 

MTsN 2 Jombang/ MTsN Darul Ulum memiliki Visi “TERWUJUDNYA GENERASI BERKUALITAS, BERAKHLAKUL KARIMAH, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”.

Penjelasan:

1) Berkualitas artinya bermutu baik/ mempunyai kualitas.Sesuatu itu dikatakan baik/kualitas karena memenuhi kriteria kedalaman dan pengalaman ilmu yang akan menjadikann seseorang itu berkualitas Misalnya: dengan melaksanakan kewajiban yang ada hubungannya dengan Allah dan manusia,serta istiqomah dalam belajar dimadrasah,sholat berjamaah dan membaca Al-qur’an. (Penafsiran Surah Ali Imron ayat 18 dan ayat 110 )

2) Berakhlakul karimah adalah memahami cara berfikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap indiidu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan kelurag mayarakat bangsa dan negara. Individu yang berakhlakul karimah adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggung-jawabkan setiap akibat dari keputusan yang ia buat. (Ditjen MandikdasmenKementrian pendidikan Nasional).

3) Berwawasan lingkungan adalah dengan cara melakukan ya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan pengembangan serta pengelolaan pendukung sekolah ramah lingkungan.

MTsN 2 Jombang/ MTsN Darul Ulum memiliki Misi :

1)    Meningkatkan pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)

2)    Meningkatkan proses pembelajaran dan bimbingan yang berbasis ICT.

3)    Mengembangkan pembelajaran EkstrakurikulerMembiasakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)

4)    Membiasakan membaca, menulis, dan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an

5)    Membiasakan hidup bersih, indah dan sehat.

Untuk merealisasikan visi dan misi, MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang menerapkan strategi pencapaian sebagai berikut:

a)       Mengembangan budaya dan perilaku akademis di antara warga madrasah sehingga tercapai kondisi lingkungan belajar yang dinamis.

b)       Mengembangan budaya dan perilaku unggul dalam bingkai profesionalisme dan keteladanan di antara sesama warga madrasah sehingga tercipta kondisi lingkungan belajar yang sejuk, harmonis, dan saling mengedepankan kepentingan lembaga

c)       Menciptakan kondisi lingkungan belajar yang akuntabel, handal, dan secara kontekstual mendukung pembelajaran berbasis kompetensi

d)       Mengembangkan layanan pendidikan untuk semua dengan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik untuk berkembang dan mengembangkan kecakapannya

e)       Mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal dalam bentuk pengembangan diri sehingga diperoleh lulusan yang handal dan kompetitif

f)         Menyusun tujuan dan melaksanakan tujuan secara konsekuen dengan komitmen maju bersama

g)       Mengembangkan budaya CALISTUNG (baca, tulis, dan berhitung) dan budaya BTHQ (Baca, tulis, hifd, Qur’an) untuk segenap civitas madrasah

h)       Meng-upgrade secara berkelanjutan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan

i)          Mengembangkan kemitraan dengan stakeholders dan pihakpihak luar yang berkepentingan dalam dunia pendidikan.

Madrasah Tsanawiyah memilki tujuan untuk mningkatkan prestasi dan mutu sekolah yang dalam hal ini sekolah memiliki target yaitu:

1)    Tercapainya peningkatan bobot KKM dan nilai Ujian Nasional ratarata 8,00

2)    Meningkatnya pengetahuan tentang ibadah mahdhoh, ibadah sosial ,dan pengabdian masyarakat

3)    Terwujudnya klub-klub olah raga dan klub sains yang efektif dan kompetitif dalam setiap bidang ekstrakurikuler.

4)    Tercapainya prestasi pada kejuaraan tingkat kabupaten, propinsi dan nasional dalam berbagai lomba olimpiade sains dan ujian nasional

5)    Tercapainya program unggulan menghafal juz Amma, Surat Yasin, Tahlil, dan istighosah

6)    Terbebasnya siswa dari segala macam degradasi moral dan terbiasa berakhlakul karimah dengan guru, orang tua, pengasuh PPDU, sesama teman, serta masyarakat

7)    Memperkuat rasa kebersamaan, kesepemahaman dalam mewujudkan dan mengembangkan madrasah, memperkuat kerja sama dengan masyarakat.

Indikator Keberhasilan

1)    Unggul dalam persaingan melanjutkan jenjang madrasah atau sekolah yang lebih tinggi;

2)    Unggul dalam nilai Evaluasi Hasil Belajar;

3)    Unggul dalam lomba Sains dan Mata Pelajaran;

4)    Unggul dalam lomba seni dan budaya;

5)    Unggul dalam lomba Olah Raga Kesehatan;

6)    Unggul dalam menghafal Juz Amma, Surat Yaasin, Tahlil, dan Istighosah;

7)    Unggul dalam disiplin dan kegiatan ekstrakurikuler;

8)    Unggul dalam aktifitas keagamaan dan berakhlakul karimah;

9)    Unggul dalam kepedulian sosial.

Pada tahun 2009 dengan bantuan dari Yayasan Darul Ulum dan juga iuran dari wali murid, telah dibangun 4 lokal di lantai dua untuk penambahan lokal kelas. Dan untuk tahun pelajaran saat ini juga telah dilakukan pembangunan delapan lokal kelas dilantai dua untuk penambahan lokal kelas lagi karena adanya animo masyarakat dan wali murid yang memberikan amanat pendidikan putranya kepada MTsN Rejoso.

Hal ini disamping merupakan suatu kebanggaan bagi Madrasah dan Pondok Darul Ulum, sekaligus merupakan tantangan untuk dapat mewujudkan keinginan dan harapan wali murid agar anak-anaknya bisa belajar dengan baik. Berikut data tenaga pendidikan dan kependidikan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negeri Darul Ulum Jombang.


Web resmi : https://www.mtsn2jombang.com/p/program-kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar