Pondok Pesantren
Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang adalah suatu lembaga keagamaan yang
didirikan oleh KH. Tamim Irsyad dari Madura pada tahun 1885 M. Beliau merupakan
pembabat tanah pertama di desa Rejoso, kemudian diteruskan oleh putra dan cucu
beliau sampai sekarang. Pada saat itu Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso
Peterongan Jombang memiliki lembaga pendidikan dari tingkat MI sampai dengan tingkat
lanjutan. Saat itu nama pendidikan tingkat lanjutan adalah Madrasah Muallimin
(putra) dan Madrasah Muallimat (putri).
( Klik = Informasi Penerimaan Santri Baru Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang )
Dalam perkembangan
zaman tahun 1963 Madrasah Muallimin tersebut diubah menjadi Pendidikan
Muallimin Pertama (PMP) untuk tingkat SMP dan Pendidikan Muallimin Atas (PMA),
yang akhirnya baik PMP maupun PMA keduanya untuk murid putra dan putri. Pada
tahun 1968, KH. Moh. Dahlan sebagai Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan
bahwa Pendidikan Agama Swasta, memberikan peluang apabila menginginkan merubah
status dari swasta ke negeri. Maka Pondok Pesantren Darul Ulum mengambil
kebijaksanaan menegerikan sekolahsekolah yang ada di lingkungan Departemen
Agama. Dari MI sampai MA dan dari Pendidikan Muallimin Pertama (PMP) ke MTsAIN
dan dari Pendidikan Muallimin Atas (PMA) ke MAAIN dan PGAN 4. Penegerian MTsAIN
dan MAAIN untuk murid tahun pertama putri saja, sedangkan murid putra tingkat
pertama menjadi SMP dan tingkat atas menjadi SMA.
Dua tahun
berikutnya dibuka MTsAIN dan MAAIN untuk putra dan putri. Pada tahun 1978
sesuai dengan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, maka MTsAIN diganti
namanya menjadi MTsN Rejoso Peterongan 1 dan penghapusan PGAN 4 tahun menjadi
MTsN Rejoso II. Pada saat MTsN Rejoso II dialokasikan ke Karang Asem Bali, maka
murid dan gurunya dimutasikan ke MTsN Rejoso Peterongan I Jombang.
Dalam
perkembangannya, Madrasah Tsanawiyah yang pertama didirikan ini, banyak
tantangan dan hambatan, seperti belum memiliki gedung dan guru sendiri. Namun
pada akhirnya Madrasah Tsanawiyah ini berkembang pesat. 47 Tahun 1983 MTsN
Rejoso mendapatkan proyek pembangunan gedung sebelah utara dari kantor (lihat
deanah sekolah).
Tahun 1992
mendapat proyek pembangunan gedung 4 lokal sebelah selatan kantor, dan pada
tahun 2003 mendapat proyek bangunan gedung 3 lokal yang di bangun di depan
laboratorium komputer.
Kepala Madrasah
yang pernah menduduki jabatan sebagai Kepala MTsN Rejoso Peterongan, di
antaranya:
a. Bapak Baiduri
Luqman (1968 s.d 1977)
b. Bapak H.
Kasijan (1978 s.d 1995)
c. Bapak Abu
Mansyur (1995 s.d 1997)
d. Bapak H.A.
Rifa’i Dimyathi, SH. (1997 s.d 1999)
e. Ibu Dra. Hj.
Umi Sa’adah (1999 s.d 2008)
f. Ibu
Mulyaningsih Sri Andayani, S.Pd ( 2008 s.d sekarang)
MTsN Rejoso
Peterongan 1 Jombang merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian
Agama yang berada dalam lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum dan kurikulumnya
disesuaikan dengan kurikulum Kementerian Agama dengan materi Diniyah Keagamaan
yang menjadi ciri khas kepondokan.
Dengan demikian,
diharapkan bahwa siswa lulusan MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang, mampu
memperoleh ilmu yang seimbang antara pengetahuan umum dan pengetahuan Agama.49
Di samping itu, keberadaan MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang di lingkungan
pondok pesantren Darul Ulum diharapkan mampu mencetak kader santri yang
berkepribadian muslim dan memiliki intelektual tinggi.
Kurikulum yang
diterapkan ada 2 yaitu, Kurikulum Kementerian Agama dan Kurikulum
Kepondokan/Kepesantrenan
a. Kurikulum
Kementerian Agama
1)
Al-Qur’an Hadits
2)
Aqidah Akhlak
3)
Fiqih
4)
Sejarah Kebudayaan Islam
5)
Bahasa dan Sastra Indonesia
6)
Bahasa Arab
7)
Bahasa Inggris
8)
Matematika
9)
Pengetahuan Alam (Fisika dan Biologi)
10)
Pengetahuan Sosial (Sejarah, Geografi, Ekonomi)
11)
Pendidikan Kewarganegaraan
12)
Seni Budaya
13)
Pendidikan Jasmani
14)
Keterampilan / Teknologi Informasi Dan Komunikasi
b. Muatan Kepondokan/
Kepesantrenan
1)
Baca Kitab
2)
Tajwid
3)
Tauhid
4)
Aqidah
5)
Nahwu Shorof
6) Tafsir
Hadits
7)
Tafsir Qur’an
3.
Visi, Misi Dan Tujuan51
MTsN 2 Jombang/
MTsN Darul Ulum memiliki Visi “TERWUJUDNYA GENERASI BERKUALITAS, BERAKHLAKUL
KARIMAH, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN”.
Penjelasan:
1) Berkualitas artinya bermutu baik/ mempunyai
kualitas.Sesuatu itu dikatakan baik/kualitas karena memenuhi kriteria kedalaman
dan pengalaman ilmu yang akan menjadikann seseorang itu berkualitas Misalnya:
dengan melaksanakan kewajiban yang ada hubungannya dengan Allah dan
manusia,serta istiqomah dalam belajar dimadrasah,sholat berjamaah dan membaca
Al-qur’an. (Penafsiran Surah Ali Imron ayat 18 dan ayat 110 )
2) Berakhlakul karimah adalah memahami cara berfikir dan
berperilaku yang menjadi ciri khas tiap indiidu untuk hidup dan bekerjasama, baik
dalam lingkungan kelurag mayarakat bangsa dan negara. Individu yang berakhlakul
karimah adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap
mempertanggung-jawabkan setiap akibat dari keputusan yang ia buat. (Ditjen
MandikdasmenKementrian pendidikan Nasional).
3) Berwawasan lingkungan adalah dengan cara melakukan ya lingkungan,
pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis
lingkungan, pengembangan kegiatan sekolah berbasis partisipatif dan
pengembangan serta pengelolaan pendukung sekolah ramah lingkungan.
MTsN 2 Jombang/
MTsN Darul Ulum memiliki Misi :
1) Meningkatkan
pembelajaran yang PAKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan)
2) Meningkatkan
proses pembelajaran dan bimbingan yang berbasis ICT.
3) Mengembangkan
pembelajaran EkstrakurikulerMembiasakan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan,
santun)
4) Membiasakan
membaca, menulis, dan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an
5) Membiasakan hidup
bersih, indah dan sehat.
Untuk
merealisasikan visi dan misi, MTsN Rejoso Peterongan 1 Jombang menerapkan
strategi pencapaian sebagai berikut:
a) Mengembangan
budaya dan perilaku akademis di antara warga madrasah sehingga tercapai kondisi
lingkungan belajar yang dinamis.
b) Mengembangan
budaya dan perilaku unggul dalam bingkai profesionalisme dan keteladanan di
antara sesama warga madrasah sehingga tercipta kondisi lingkungan belajar yang sejuk,
harmonis, dan saling mengedepankan kepentingan lembaga
c) Menciptakan
kondisi lingkungan belajar yang akuntabel, handal, dan secara kontekstual mendukung
pembelajaran berbasis kompetensi
d) Mengembangkan
layanan pendidikan untuk semua dengan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik untuk berkembang dan
mengembangkan kecakapannya
e) Mengembangkan
potensi peserta didik secara maksimal dalam bentuk pengembangan diri sehingga
diperoleh lulusan yang handal dan kompetitif
f)
Menyusun tujuan dan melaksanakan tujuan secara konsekuen dengan
komitmen maju bersama
g) Mengembangkan
budaya CALISTUNG (baca, tulis, dan berhitung) dan budaya BTHQ (Baca, tulis,
hifd, Qur’an) untuk segenap civitas madrasah
h) Meng-upgrade
secara berkelanjutan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
i)
Mengembangkan kemitraan dengan stakeholders dan pihakpihak
luar yang berkepentingan dalam dunia pendidikan.
Madrasah
Tsanawiyah memilki tujuan untuk mningkatkan prestasi dan mutu sekolah yang
dalam hal ini sekolah memiliki target yaitu:
1) Tercapainya
peningkatan bobot KKM dan nilai Ujian Nasional ratarata 8,00
2) Meningkatnya
pengetahuan tentang ibadah mahdhoh, ibadah sosial ,dan pengabdian masyarakat
3) Terwujudnya
klub-klub olah raga dan klub sains yang efektif dan kompetitif dalam setiap
bidang ekstrakurikuler.
4) Tercapainya
prestasi pada kejuaraan tingkat kabupaten, propinsi dan nasional dalam berbagai
lomba olimpiade sains dan ujian nasional
5) Tercapainya
program unggulan menghafal juz Amma, Surat Yasin, Tahlil, dan istighosah
6) Terbebasnya siswa
dari segala macam degradasi moral dan terbiasa berakhlakul karimah dengan guru,
orang tua, pengasuh PPDU, sesama teman, serta masyarakat
7) Memperkuat rasa
kebersamaan, kesepemahaman dalam mewujudkan dan mengembangkan madrasah,
memperkuat kerja sama dengan masyarakat.
Indikator
Keberhasilan
1) Unggul dalam
persaingan melanjutkan jenjang madrasah atau sekolah yang lebih tinggi;
2) Unggul dalam nilai
Evaluasi Hasil Belajar;
3) Unggul dalam lomba
Sains dan Mata Pelajaran;
4) Unggul dalam lomba
seni dan budaya;
5) Unggul dalam lomba
Olah Raga Kesehatan;
6) Unggul dalam
menghafal Juz Amma, Surat Yaasin, Tahlil, dan Istighosah;
7) Unggul dalam
disiplin dan kegiatan ekstrakurikuler;
8) Unggul dalam
aktifitas keagamaan dan berakhlakul karimah;
9) Unggul dalam
kepedulian sosial.
Pada
tahun 2009 dengan bantuan dari Yayasan Darul Ulum dan juga iuran dari wali
murid, telah dibangun 4 lokal di lantai dua untuk penambahan lokal kelas. Dan
untuk tahun pelajaran saat ini juga telah dilakukan pembangunan delapan lokal
kelas dilantai dua untuk penambahan lokal kelas lagi karena adanya animo
masyarakat dan wali murid yang memberikan amanat pendidikan putranya kepada
MTsN Rejoso.
Hal
ini disamping merupakan suatu kebanggaan bagi Madrasah dan Pondok Darul Ulum,
sekaligus merupakan tantangan untuk dapat mewujudkan keinginan dan harapan wali
murid agar anak-anaknya bisa belajar dengan baik. Berikut data tenaga
pendidikan dan kependidikan yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negeri Darul Ulum Jombang.
Web resmi : https://www.mtsn2jombang.com/p/program-kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar